Cara Mempartisi Hardisk


Mungkinanda sering bertanya bagaimanakah Cara Mempartisi Hardisk berukuran besar. Hardisk adalah storage atau media penyimpanan data pada laptop atau komputer. hardisk memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam laptop. ketika anda memiliki hardisk yang besar misalnya 500 GB tidak efisien klo Hardisk tersebut tidak dibagi bagi, oleh karena itu partisi pada hardisk di perlukan untuk membagi bagi hardisk menjadi beberapa bagian. partisi hardisk adalah bagian dari media penyimpanan yang secara logis terpisah dan berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik.

Manfaat melakukan partisi pada Hardisk:

1. Membagi Hardisk Yang berukuran Besar
Apabila anda mempunyai hardisk yang terlalu besar, maka melakukan partisi pada hardisk bertujuan untuk memudahkan windows dalam melakukan peng index an  file di drive komputer. Intinya sama jika pada suatu gudang penyimpanan barang yang besar Barang akan mudah ditemukan jika terdapat sekat sekat pada ruangan tersebut. begitu juga dengan Hardisk jika dibagi-bagi, akan mempermudah  kita dalam mencari suatu file. Misal dibagi 4  partisi, partisi C: kita isi dengan windows dan aplikasi, partisi D kita isi data dokumen, partisi E kita isi dengan music, video dll, dan partisi F kita isi dengan master, maka Itu akan lebih mempermudahkan kita dalam mencari file

2. Aman dari Virus
Apabila terdapat partisi/drive yang terjangkit virus (misalnya drive C berisi windows), maka drive yang lainnya tetap aman dan tidak terjangkit virus,apa bila windows terjangkit virus data dalam drive kemungkinan bisa Aman kita tinggal melakukan format drive dan istall ulang windows.

3. Multiple OS
anda dapat menginstall lebih dari satu OS dalam hardisk tanpa terjadinya corupt file pada windows, contohnya: drive C berisi Windows 7, drive D berisi windows 8, drive E berisi dokumen. Sehingga dengan sebuah hardisk kita dapat mudah untuk mempelajari berbagai sistem operasi. tidak menutup kemungkinan kita juga bisa melakukan instal sistem operasi lain seperti contohnya linux, tetapi di perlukan pengetahuan lebih tentang partisi dan format hardisk,

Dibawah ini adalah melakukan resize partisi di windows 7:

1. klik kanan pada computer lalu klik manage 


2. klik Disk management
Setelah itu Pilih partisi yang akan di resize

3. sebagai contoh praktek ini saya mencoba membagi Drive C menjadi 2 partisi
Pada drive C Klik kanan kemudian pilih shrink Volume
4. Tunggulah beberapa waktu hingga proses query selesai

5. Selanjutnya maka Akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah.
Pada kotak isian " Enter the amount of space to shrink in MB" Isikan nilai sesuai dengan ruang hardisk, ini dapat kita isikan nilai sama atau lebih kecil dari hasil query.

6. Pada paraktek ini saya isikan nilai space sekitar 5000 MB ( 5 GB)
Setelah itu Klik tombol Shrink
7. Sekarang telah berhasil mengubah dan mengubah ukuran drive C (WIN 7) menjadi lebih kecil yaitu menjadi 34,35 GB, dan mempunyai sebuah ruang kosong yang dapat dibuat menjadi partisi baru.
Sampai pada langkah ini anda telah berhasil membuat ruang kosong (free space). Ruang kosong tersebut belum dapat dibaca oleh windows explorer.
8. Selanjutnya Klik kanan pada free spaces kemudian anda Pilih New Simple Volume
9. Kemudian Klik Next

10. Jangan di ubah biarkan saja nilai volumenya default
Langsung saja Klik Next
11. Selanjutnya Klik Next

12. Pada Volume label Anda dapat mengisinya/member nama, dapat juga dibaiarkan default (dapat diganti di windows exploler)
13. Ganti sesuai keinginan anda klik next

14. Setelah itu Klik Finish



Bagaimana mudah bukan melakukan partisi pada hardisk semoga ber manfaat


Artikel Lainya:


FACEBOOK COMMENT :

 
Design by jhonzka