Penyebab Komputer sering restart

komputer sering restart sangat menjengkelkan sekali terutama apabila kita sedang mengetik dokumen, kemudian tiba-tiba komputer restart sendiri sedangkan kita belum sempat menyimpan dokumen. beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri, diantaranya :

1. Processor overheat
penyebab utama komputer anda atau sering restart sendiri adalah Processor yang kepanasan (overheat). cara mengecek overheat pada Processor dengan cara Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS atau pun juga bisa Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
Penyebab utama dari Processor yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal antara lain Kondisi kipas angin (fan) Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena kotaoran atau debu) Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer / laptop berdebu.
 Cara mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ada dapat melakukan beberapa cara diantaranya Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil. Menggunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering sebaiknya diganti.
 2. RAM / Memory rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, Apabila terjadi kerusakan pada memory dapat mengakibatkan Sistem operasi tidak bisa berjalan dengan Normal akhirnya terjadi restart pada komputer.

3. Power Supply yang kekurangan daya
kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU menyebabkan komputer menjadi sering restart. Hal ini bisa terjadi misalnya karena Banyaknya hardware yang terpasang pada komputer anda sehingga power suplay tidak dapat menyuplay dengan sempurna ke dalam komputer anda.

4. karena Hardisk bad sector
hardisk yang rusak dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen dan me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk.

Artikel Lainya:


FACEBOOK COMMENT :

 
Design by jhonzka