Tips Memilih Cooling Pad

Cooling pada dasarnya adalah alat pendingin yang dapat membantu mendinginkan laptop ketika menggunakannya. Panasnya laptop akibat pengoperasian mesin dapat merusak komponen laptop, oleh karena itu cooling pad memiliki fungsi penting mencegah laptop terlalu panas. Saat ini cooling pad sudah banyak tersedia dengan beragam bentuk serta konektivitas.

Banyak orang memang tidak terlalu peduli dengan bentuk cooling pad yang akan mereka gunakan, mereka berpikir bahwa setiap cooling pad akan berfungsi sama disetiap laptop. Padahal bentuk dan ukuran laptop pun saat ini beragam. Otomatis tidak semua cooling pad dapat diaplikasikan ke semua laptop agar optimal dapat digunakan untuk mendinginkan laptop.
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli cooling pad adalah ventilasi laptop. Hal ini merupakan pertimbangan utama sebelum kamu membeli cooling pad. Cooling pad otomatis harus disesuaikan dengan ventilasi pada laptop kamu. Pastikan udara yang dihasilkan dari cooling pad dapat masuk ke ventilasi laptop kamu sehingga proses pendinginan dapat berjalan optimal.
Setiap laptop memang memiliki posisi ventilasi yang berbeda-beda. Sebagian terdapat di sebelah kiri, kanan, menyebar di tepi laptop atau bahkan dibelakang laptop. Oleh karena itu sesuaikan posisi ventilasi dengan keluar masuknya angin yang dihasilkan dari cooling pad. Untuk laptop yang ventilasi udaranya berada dibelakang, pastikan tidak ada benda yang mencegah keluar masuknya udara.
Selain ventilasi, periksa juga spot yang panas pada laptop kamu. Biasanya spot tersebut terletak dibagian mesin. Oleh karena itu usahakan cooling pad juga menjangkau bagian tersebut untuk membantu laptop agar tidak terlalu panas. Hal lain adalah materi dari cooling pad itu sendiri. Selama ini terdapat dua jenis cooling pad yakni terbuat dari plastik atau logam.
Cooling pad yang terbuat dari logam jelas lebih berat dan lebih mahal namun lebih efisien saat mendinginkan laptop. Sedangkkan cooling pad yang terbuat dari plastik biasanya lebih murah, ringan dan mudah dibawa kemanapun. Namun memang kekuatannya tidak seperti logam yang lebih tahan lama.
Yang pasti selain bentuk cooling pad yang tepat, pemakaian pun perlu diperhatikan. Hindari pemakaian laptop yang terus menerus. Istirahatkan sementara sebelum digunakan kembali. Hal tersebut dapat membantu mengistirahat laptop kamu dan juga memperpanjang umur laptop.


Artikel Lainya:


FACEBOOK COMMENT :

 
Design by jhonzka